C1461830088973

Bagaimana ciri-ciri seseorang yang beranjak tua?

Ada yang bilang ketika kehilangan idealisme, ada yang bilang ketika mencapai usia tertentu. Tapi bagi saya, beranjak tua ialah gejala yang terjadi ketika seseorang merasakan banyak perubahan dalam keadaan tertentu dalam menjalani kehidupannya, baik pemikiran maupun perbuatan. Sehingga beranjak tua di sini tidaklah selalu buruk. Bisa jadi pada masa lalu, seseorang belum memiliki pengalaman yang cukup untuk menjalani kehidupan seperti saat ini. Hal itu bisa dikarenakan oleh keterbatasan dalam beberapa aspek.

Salah satu kisah yang bisa dijadikan contoh, yaitu perjalanan pemikiran Karl Marx yang sering kali menjadi perdebatan dalam suatu diskursus tentang marxisme. Terjadi perbedaan pandangan filsafat di saat Karl Marx dalam usia yang lebih muda dan Karl Marx tua, ditinjau dari tulisan-tulisannya. Hingga ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa salah satu hal yang pasti dari marxisme ialah kenyataan bahwa Karl Marx bukanlah seorang Marxis.

Perubahan demi perubahan dapat kita alami sebagai seorang manusia. Suatu hal yang sangat wajar jika dalam perkembangan waktu, setiap orang mendapat pelajaran dari kehidupannya dan tumbuh secara terus menerus. Banyak faktor yang memengaruhi seseorang untuk beranjak tua, antara lain bahan bacaan, teman-teman terdekat, pekerjaan, pendidikan formal maupun informal, nilai-nilai yang tertanam dalam keluarga, empati, rasa ingin tahu terhadap suatu hal, kestabilan emosi yang dipengaruhi faktor biologis, dan perenungan ke dalam diri sendiri.

Begitu banyak aspek yang memengaruhi seseorang untuk menjalani hidupnya seperti yang sekarang ini. Oleh sebab itu, menjadi tua ataupun beranjak tua tidaklah selalu negatif. Menjadi tua bisa menjadi kata yang menggambarkan perubahan drastis menjadi dirinya yang baru. Untuk itu, jika kita ingin berubah lebih baik, tentunya harus memerhatikan bermacam situasi dan kondisi yang melekat di sekitar kita. Begitu pula jika kita ingin membangun karakter seorang anak, kita harus berperan aktif di lingkungan anak tersebut meski tidak harus mengekangnya dan membuatnya tidak nyaman. Beranjak tua adalah proses yang sangat penting yang harus dilalui oleh setiap manusia. Kita hanya bisa memilih, berusaha, dan berserah diri untuk mendapatkan proses tua yang baik ataupun buruk.

Advertisements