5d02fca27f47a04ae1efce7a8df3a041

Pernahkah kalian berpikir untuk apa hidup? Mungkin akan ada yang berpendapat bahwa hidup di dunia hanya numpang lewat saja. Tapi bagi saya, hidup adalah hidup jika kita punya arti dalam menjalani kehidupan ini. Salah satunya jika hidup kita memberikan perubahan membangun bagi banyak orang.

Apa artinya hidup jika tidak berbeda dengan yang lain? Itulah di saat hidup berubah hanya seperti titik-titik. Karena hanya mengikuti hal yang sudah pernah ada, maka titik hanyalah sebuah titik, dan titik lain hanyalah sebuah titik, jika jumlah mereka banyak akan menghasilkan titik-titik.

Akankah titik menghasilkan sebuah bentuk? Tentu saja jika titik-titik itu dihubungkan dengan beberapa garis, mensinergikannya. Setiap orang bisa menarik garis berbeda-beda yang akan menghasilkan bentuk yang berbeda-beda pula. Hubungkan titik-titik itu.

Kemudian akan menjadi apa gambar-gambar itu? Buatlah mereka hidup, gerakan bentuk dan gambar itu sehingga tidak lagi hanya dianggap seperti benda mati. Untuk itulah menghubungkan beberapa garis kepada titik-titik, menjadikannya gambar bergerak dan hidup.

Jadi itukah alasan diciptakan banyak perbedaan? Mungkin. Kalau hanya sekedar hidup, tumbuhan juga hidup. Kalau hanya sekadar bergerak, binatang juga bergerak. Tugas seorang manusia yang sebenarnya itu untuk membedakan diri dari sebuah tumbuhan dan seekor binatang. Mungkin itu sebabnya kita harus berbeda dari orang lain sehingga dapat dikatakan hidup.

Advertisements