CIMG1427

Pada suatu hari, saya mendengar dan melihat langsung bahwa ada seorang teman yang berusaha sangat keras untuk menurunkan berat badan dengan melakukan diet yang cukup ekstrim. Meski diet itu dilakukan demi upaya detoksifikasi dan hanya berlangsung selama 13 hari, namun menurut saya berlebihan karena kebutuhan kalori harian yang harus dikonsumsi tidak mencukupi. Hal tersebut akan menyebabkan seseorang mudah lelah karena kekurangan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk membeli sebuah buku yang berjudul Revolusi Makan agar tidak tersesat.

Sering tidak buang air besar selama 2-3 hari, selalu mengalami nyeri haid yang parah dan tidak teratur, kulit terasa kasar saat stres, badan lemas saat bangun pagi, nyeri leher atau pundak yang parah, cepat lelah, sering depresi, sulit tidur, kaki dan tangan kadang membengkak di sore hari, mudah pusing dan menderita anemia, makan berlebihan meski tidak merasa lapar, perut sering terasa kembung, begah, sering mengeluarkan kentut yang sangat berbau, perut sering terasa bergemuruh saat berolahraga, terlalu peka terhadap udara dingin, sering terserang flu dan masuk angin, menderita alergi serbuk sari setiap tahun, berat badan cenderung meningkat, suhu tubuh rata-rata kurang dari 35 derajat celsius. Jika terdapat lebih dari 3 peristiwa di atas terjadi pada kita maka hal itu menandakan ada ketidakberesan pada usus kita.

Makanan yang kita konsumsi setiap hari dicerna oleh lambung dan diserap oleh usus. Usus halus bertugas menyerap sari makanan dan usus besar bertugas menyerap cairan dari sisa penyerapan di usus halus sehingga menghasilkan produk akhir berupa kotoran. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak mengalami proses cerna-serap-buang tersebut dengan baik. Buktinya dapat diketahui dari pola buang air besarnya. Terdapat beberapa makanan yang menambah bebas usus, diantaranya produk hewani dan olahan susu, seperti susu sapi dan daging, roti dan mi yang terbuat dari tepung gandum putih, kue dan paganan yang mengandung gula putih, dan makanan yang mengandung banyak minyak. Makanan-makanan tersebut kurang baik dikonsumsi karena tidak mengandung zat-zat fitokimia, mineral, vitamin, dan serat yang cukup untuk merangsang kerja usus secara optimal. Ada 3 jenis makanan yang dapat menyehatkan usus, yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, dan air.

Sayur-sayuran dan buah-buahan mentah yang dibudidayakan secara organik tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintesis mengandung lebih banyak enzim dibandingkan dengan sayur dan buah mentah yang dibudidayakan secara konvensional menggunakan pupuk sintesis atau obat-obatan. Dengan memerhatikan kuantitas dan kualitas enzim dalam suatu makanan merupakan dasar pembentukan pola makan yang menyehatkan.

Setelah membaca beberapa halaman buku ini, kita akan menemukan tulisan yang berjudul Ubahlah Kebiasaan Makan Pagi. Yoghurt yang diklaim baik bagi usus ternyata justru dapat membuat usus mengeras dan mengakibatkan sembelit atau diare. Untuk memerbaiki kesehatan usus, sangatlah baik ketika bangun tidur, segera meminum air yang berkualitas baik yang tidak didinginkan ataupun dipanaskan. Kemudian makan buah di pagi hari juga sangat baik dilakukan. Tujuannya adalah meningkatkan kadar enzim agar tetap terjaga selama beraktivitas pada hari itu. Jika kita kekurangan enzim maka tubuh akan terasa cepat lelah meskipun sudah beristirahat cukup lama.

Usus selalu bekerja sekuat tenaga untuk mencerna, menyerap, dan membuang makanan kita. Usus yang bekerja secara terus-menerus tanpa beristirahat akan berangsur-angsur melemah hingga tidak dapat menyerap sari makanan secara maksimal. Hal itulah penyebab munculnya beragam gangguan pada usus. Jadi, berikanlah jeda waktu untuk mengistirahatkan usus selama setengah hari. Sebagai contoh, janganlah mengonsumsi apa pun selain sedikit air setelah makan malam (paling lambat jam 9 malam), lalu tidurlah pada waktu tidur seperti biasa. Keesokan harinya, batasi makan hingga siang hari (sekitar jam 12 siang). Dengan demikian, kita telah berpuasa selama sekitar 15 jam. Jika bicara tentang puasa, muncul pengertian bahwa puasa adalah keadaan tidak makan apapun, tetapi secara medis, hal ini berarti mengonsumsi sedikit buah-buahan dan air yang cukup pada pagi hari.

Makan ikan lebih baik daripada makan daging. Meskipun sama-sama tergolong bahan makanan hewani, kualitas lemak ikan sangat berbeda dengan lemak daging. Lemak di dalam daging akan menjadikan darah kita lebih kental, sedangkan lemak di dalam ikan justru akan menjadikan darah kita lebih encer. Di dalam sisik ikan juga mengandung banyak kolagen, zat yang diketahui berperan penting dalam menjaga kulit tetap kencang. Jika tubuh kita kekurangan kolagen, seberapa banyak pun kita mengonsumsi kalsium, volume tulang tidak akan bertambah.

Mungkin kita sudah sering mendengar bahwa mengunyah makanan hingga halus sebelum ditelan akan memudahkan makanan tersebut untuk dicerna, namun pada kenyataannya, tidak banyak orang yang melakukan hal tersebut karena kesibukannya.  Semakin banyak kita mengunyah maka semakin banyak pula enzim yang bernama amilase keluar bersama air liur yang tidak hanya berfungsi menguraikan zat tepung pada makanan, namun juga dapat menghambat perkembangbiakan bakteri perusak gigi. Sehingga mengunyah makanan dengan benar akan membantu proses pencernaan dan menghambat pengeroposan gigi.

Beralihlah dari nasi putih ke nasi merah. Selama ini, banyak orang mengira bahwa beras merah hanya enak jika dimasak dengan panci bertekanan tinggi, namun sebernarnya beras merah dapat dimasak dengan penanak nasi biasa seperti beras putih. Beras merah mengandung lebih banyak serat daripada beras putih sehingga kita tidak harus mengonsumsi banyak sayuran untuk mencukupi kebutuhan makanan berserat. Beras merah terbaik untuk dikonsumsi adalah beras merah organik yang dirawat tanpa menggunakan pestisida. Usahakan untuk selalu menyediakan menu makanan sederhana di rumah. Selain lebih hemat, menu sederhana juga dapat mendukung upaya kita untuk membersihkan usus.

Selain makanan berminyak, kita juga perlu mengurangi konsumsi makanan manis. Sumber masalah terbesar dalam hal ini adalah gula putih. Sama dengan kandungan gula pada nasi dan roti, gula putih juga berguna mengubah gizi menjadi energi, namun jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Apabila kita terlalu banyak mengonsumsi gula, pankreas akan kelelahan sehingga melemah dan tidak mampu lagi memproduksi insulin secara normal. Seandainya kita tetap merasa harus mengonsumsi gula maka gula merah adalah pilihan yang tepat karena mengandung banyak mineral  dan lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan gula putih.

Tiba dipembahasan yang sangat menarik bagi saya. Belakangan ini, semakin banyak wanita dan anak-anak yang mempunyai kebiasaan merokok. Padahal merokok mengakibatkan mengecilnya pembuluh kapiler sehingga menghambat aliran gizi dan oksigen bagi sel-sel di seluruh tubuh. mungkin kita pernah mendengar bahwa berhenti merokok dapat membuat tubuh menggemuk. Sebenarnya yang terjadi adalah pelebaran kembali pembuluh kapiler sehingga aliran gizi ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar setelah kebiasaan merokok ditinggalkan. Kemudian ada juga kesesatan kesimpulan yang berpendapat bahwa badan akan terasa relaks setelah  meminum alkohol. Yang terjadi sebenarnya adalah rasa nyaman yang timbul disebabkan pembuluh darah yang melebar sejenak, tetapi beberapa saat kemudian, pembuluh darah akan mulai mengecil sehingga menimbulkan gangguan transportasi oksigen dan zat gizi. Hal tersebut berakibat timbulnya pembengkakan dan keletihan kronis karena sampah yang menumpuk di dalam sel menjadi sulit dikeluarkan.

Jadi, kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol bukanlah cara yang cerdas untuk menghilangkan stres. Ada banyak cara lalin untuk mendapatkan kesenangan dan mengurangi stres. Awali dengan berusaha memiliki usus yang sehat dan sel yang awet muda karena keduanya adalah kunci untuk menikmati hidup. Lalu tumbuhkan kasih sayang kepada setiap orang dan syukuri apa saja yang ada pada diri kita meskipun kita mengalami kegagalan. Menjalani kehidupan dengan kejujuran kepada diri sendiri akan mendorong berjalannya detoksifikasi hati dan pikiran.

Banyak pembahasan dalam buku yang tidak saya tulis semua, diantaranya khasiat kuncup bunga, rumput laut, dan enema kopi. Karena semua hal yang saya tulis di sini hanyalah sebagian kecil dari isi keseluruhan buku. Oleh karena itu, belilah bukunya yang asli kemudian sebarkan manfaatnya kepada orang-orang di sekitar kita.

Sudahkah Anda merasa lebih baik dan bugar hari  ini?

Advertisements